Friday, January 1, 2016

Lari pagi ke jalur lingkar selatan sukabumi



Hallo sobat ,apa kabar semoga sehat selalu ya,apakah sobat sering lari pagi? Lari pagi sangat bermanfaat lho buat kesehatan.ya memang bawaannya males banget kalau mau jogging pagi .pasti ngantuk atau dingin.tapi kta harus memaksakan diri buat kesehatan kita sendiri.
Saya juga sering lari pagi ,terutama hari minggu.apalagi kalau tempatnya rame.seperti daerah tempat tinggal saya. Selain menyehatkan,juga bisa sekalian cuci mata.





Saya biasanya lari pagi ke arah jembatan cibatu.saya keluar rumah sekitar pukul 5 pagi.melewati jalan gang desa saya yang di kelilingi pesawahan luas.untungnya cuaca juga cerah.udaranya masih berkabut tapi terasa segar.embun pagi juga masih terlihat di daun pepohonan.kalau hari minggu tempat ini rame banget kaya pasar.ya memang kalo hari minggu banyak banget yang jualan.dari mulai pakaian,buah buahan ,pernak pernik dan segala macam.pasar mingguan ini mulai buka jam 5 pagi hari.memang jalurnya belum begitu padat,jadi di manfatkan oleh para pedagang untuk berjualan. kalau bawa kendaraan dan lewat jalur ini pasti macet,tapi hanya nyampe sekitar jam 9 sesudah itu lancar kembali.tapi  Karena saya datang masih pagi pengunjungnya masih belum begitu banyak.
Kalo yang belum tau jembatan cibatu adanya di jalan raya jalur lingkar selatan di sukabumi.jalur lingkar selatan ini juga baru di resmikan tahun 2012 lalu.dari jembatan ke bawah pemandangan nya lumayan bagus.jalan kereta jalur sukabumi- bogor berada di bawah jembatan ini.di apit di  kanan kirinya pesawahan yang terbentang luas.
Sekarang para pedagang di jembatan cibatu jalur semakin banyak.jadi kaya semacam pasar mingguan.
Sambil berlari lari kecil saya menyusuri jembatan cibatu sampai lewat dan nyampe ujung pertigaan cibolang.di sini saya istirahat dulu sejenak di pagar pinggir masjid jalur.
Masjid ini di bangun 2 tahun yang lalu dan menghabiskan dana sekitar 4 milyar.masjidnya lumayan megah dan ada taman taman yang bisa di masuki pengunjung.
Karena perut mulai lapar saya pun menghampiri tukang bubur ayam yang mangkal di luar pagar masjid.terasa nikmat makan bubur ayam di pagi hari.sambil menikmati bubur ,saya makan sambil melihat lihat orang orang yang lalu lalang .ada yang pake motor tapi kebanyakan jalan kaki bareng teman ataupun keluarganya.
Setelah selesai makan bubur,saya kembali lagi ke jembatan cibatu,karena ada sesuatu yang mau di beli .setelah keliling keliling dan ketemu.saya berencana pulang karena badan udah mulai lelah.
Demikianlah cerita saya di hri minggu.

Saturday, December 19, 2015

Jalan jalan ke gunung guruh tempat pengrajin genteng sukabumi



Gunung guruh adalah sebuah desa yang ada di wilayah kecamatan gunung guruh kabupaten sukabumi.kemarin siang saya jalan jalan ke desa gunung guruh ini,sekedar melepaskan kejenuhan,saya jiuga banyak teman di desa ini.karena dulu saya juga bersekolah di smp 1 gunung guruh yang masih dekat dengan desa ini.

Jalan jalan ke gunung guruh tempat pengrajin genteng sukabumi

Kebanyakan warga desa ini menjadi pengrajin genteng.karena memang sudah turun temurun dari dulu.malah sekitar tahun 80 an sangat banyak pengrajin genteng di daerah ini.kalau sekarang tidak sebanyak dulu.karena mungkin pengaruh krisis moneter tahun 2000 lalu.sebenarnya permintaan genteng tidak mengalami penurunan,tapi karena kesulitan modal,dan juga bahan baku jadi tidak semuanya terpenuhi.masalahnya karena biaya produksinya tinggi.untuk bahan bakunya biasanya di ambil dari gunung yang masih ada di wilayah gunung guruh.

Desa gunung guruh masih banyak area pesawahannya,tidak seperti desa saya,sawah2 makin sedikit.di bangun menjadi rumah atau pemukiman.saya juga menunjungi teman saya yang bekerja ditempat pengrajin genteng milik tetangganya.dia bercerita bahwa menjadi pengrajin genteng dan bata merah saat sekarang agak sulit.terutama bahan tanah liat.dan air untuk campurannya.
Jalan jalan ke gunung guruh tempat pengrajin genteng sukabumi


Apalagi waktu musim kemarau kamarin,sumur sumur pada kering.karena kalau musim kemarau ,tanah liat untuk bahan baku genteng menjadi kering.sehingga sulit untuk di bentuk.
Ya kalau di tanya penghasilan lumayan lah.besar kecilnya patut di syukuri.asalkan terpenuhi kebutuhan sehari hari.karena mencari pekerjaan sekarang sangat sulit.

Untuk kualitasnya genteng gunung guruh lumayan bagus,malah permintaan barang dari kota bogor,bandung dan jakarta juga semakin meningkat.di gunungguruh juga ada perusahaan bata merah yang di miliki oleh orang korea.dan menjadi saingan bagi pengrajin lokal.

Setelah teman saya selesai bekerja dia mengajak saya kerumahnya.kami pun ber bincang bincang di temani kopi dan goreng singkong .menurutnya singkongnya hasil dari kebunnya sendiri.
Jalan jalan ke gunung guruh tempat pengrajin genteng sukabumi


Rumahnya  berada di pinggir pesawahan.selain bekerja  jadi pengrajin genteng, teman saya juga seorang petani.dia mempunyai sepetak sawah dan kebun peninggalan orang tua nya.
Saya juga menyampatkan diri melihat lihat sawahnya,untuk di ambil gambarnya buat artikel ini hehe...

Pesawahan di desa gunung guruh lumayan luas juga.dari kejauhan terlihat rumah2 penduduk di atas gunung gunung.ya beginilah kehidupan di desa, yang masih sederhana.
Jauh dari hiruk pikuk kehidupan di kota.
Yah,begitulah kawan,tulisan singkat saya.wasalam

Saturday, December 12, 2015

Jalan jalan ke curug cibilik situgunung sukabumi



Haloo sobat blogger,minggu pagi kemarin saya jenuh banget,dari pada di rumah terus menerus akhirnya saya berencana untuk jalan jalan.yah,jalaln jalannya juga ga jauh sih,paling sekitar setengah jam pake sepeda motor dari rumah.saya berencana untuk pergi ke curug ci bilik.tempat ini masih satu kawasan dengan tempat wisata situgunung sukabumi.Cuma tempatnya memang jarang ada yang mengunjungi.karena untuk mencapai tempat itu medannya sulit,harus mendaki dan melewati sungai walaupun tidak terlalu dalam.

Saya berencana pergi ke sana karena tertarik dengan keindahannya,tempatnya masih alami dan segar.pemandangannya juga lumayan indah.saya pun pergi dengan sepeda motor ke desa kadudampit.untuk memnemui teman saya yang sudah menunggu.desa kadudampit letaknya di cisaat sukabumi.dan desa ini jaraknya dekat dengan situgunung.kalau jalan kaki juga paling sekitar 5 menit sudah nyampe ke gerbang masuk situgunung.

Setelah menyiapkan perbekalan dan juga tali untuk memanjat,kami pun berangkat.saya dan teman2 berjumlah sekitar 4 orang.tidak lupa membawa garam untuk persiapan, karena di daerah sana banyak pacet(sejenis lintah) yang sering kali menempel di sekitar tubuh kita, apalagi sekarang masih musim hujan.pacet2 pada keluar untuk cari makan.

Kami berjalan masuk melewati gerbang situgunung,melewati beberapa pohon tinggi berusia ratusan tahun.tidak jauh dari gerbang masuk situgunung,ada tempat untuk perkemahan.jalan yang di tempuh sama dengan jalan yang menuju curug sawer.tapi pas pertigaan bawah yang dekat curug sawer,perjalanan ke curug cibilik masih jauh,mesti melewati banyak semak2 dan melewati sungai dangkal.di sarankan bawa garam yang banyak soalnya pacetnya banyak.seperti teman saya yang kakinya banyak di tempeli pacet.tips jika di gigit pacet jangan takut dan gugup juga jangan langsung di cabut, tetaplah tenang.taburkan garam ke pacet yang nempel,diapun akan lepas sendiri.sebenarnya tidak berbahaya,sih.Cuma memang ngeri karena seringkali darah keluar dari bekas gigitan pacet.
Jalan jalan ke curug cibilik situgunung sukabumi


Setelah beberapa kali memanjat dan melewati banyak semak belukar saya dan teman2 sampai di curug cibilik.memang tempatnya indah.masih alami karena masih jarang ada yang mengunjungi.sebenarnya tempatnya masih belum di buka untuk umum.sehingga masih belum terawat.saya menyempatkan untuk poto poto.karena memang jarang jarang ketempat ini lagi,karena medannya sulit.tidak seperti curug sawer ataupun danau situgunung yang sudah jadi objek wisata.

Jalan jalan ke curug cibilik situgunung sukabumi


Setelah beberapa waktu lamanya dan hari mulai agak siang saya pun berencana untuk pulang.karena walaupun tempatnya indah tidak betah berlama lama di tempat ini.karena cuaca pun mulai agak mendung, kalau hujan ,bahaya air sungainya pasti meluap.

Baik sobat,itulah perjalanan saya di minggu kemarin.salam blogger indonesia..